Monday, May 02, 2005

FIRASAT

Langit masih sepi . Tanpa awan dan rembulan. Tanpa bintang,kunang kunang. Hanya gelap teduh memburam. Remang remang. Sepi, benar benar sunyi. Alam yang tertidur.
Sayu dan lemang. Keriyap meretas dari gaduh siang. Ini malam.
Telah ribuan kali kusebut nama kekasihku. Dalam lagu, dalam lirih bisik, dalam buai angan, dalam timang mimpi, dalam kenyataan. Betapa merdu yang kurasakan semakin absurd. Semakin pupus dalam bayang gelap entah darimana berasal. Seperti serombongan gagak yang tiba tiba datang mematuki bangkai. Berkoak koak memenuhi angkasa raya . Merayakan hari kematian yang menusukan aroma luka.
Ya, telah kucium aroma luka itu setiap kutatap matamu. Luka yang akan menyeretku dalam jurang teramat dalam.
Mungkin tak pernah kau sadari, dan bahkan tak akan kau mengerti. Firasatku sedemikian tajam. Mengupas segala keinginan untuk terus menyebut namamu.
Ya Tuhan, demi apapun aku tak ingin ini terjadi.
Disaat darahmu telah menyatu di darahku, namamu telah berkelana di namaku, dan denyut nadimu mengalir di nadiku.
Disaat kerinduan menjadi seujung tombak bagi pertemuan demi pertemuan. Ketika gelora asmara menenggelamkan semua perahu , membuihkan ombak surga. Ketika airmata menjadi kristal dibening mataku saat rindu meluap luap.
Oh kekasihku, langit makin sepi, makin sunyi. Malam berderit derit. Menyeret bayangan demi bayangan yang manis tersimpan.
Amuk kita yang pertama di sebuah altar penuh bunga, lalu kedua ditepi telaga,ketiga dikota tempat engkau mengenal cinta, keempat , kelima, keseratus, keribu,kesejuta….dan kini hanya kudapati sebuah penjara. Jeruji jeruji tajam yang siap mengurungku. Dan kau tetap menari diujung sana. Bersama dewi yang kau idam idamkan.Sungguh inikah akhir dari perjalanan kita?
Terlalu singkat . Terlalu manis. Terlalu cinta. Terlalu sayang.Terlalu mesra. Terlalu cemburu. Terlalu pahit. Terlalu getir. Terlalu gelap. Terlalu sakit. Terlalu darah. Terlalu mati.
Sedang cinta ini tanpa sekat dinding. Tanpa batas . Tanpa akal aku mengikuti alurnya. Menabrak segala puing. Melabrak segala jeram. Segala rupa warna telah kuramu sedemikian eloknya untuk menuliskan namamu dibuku hidupku. Segala wangi kembang telah kurangkai untuk menghirup harummu. Segala denting nada telah kugubah untuk menyebut merdu namamu.
Dan segala yang ada itu kini pupus satu persatu. Tanpa angin, tanpa badai.
Pupus begitu saja.
Mawar yang layu melepaskan kelopak kelopaknya, sebelum musim serangga memakan habis tangkai dan seluruh bunga.
Musim cinta kita telah landas, kekasihku. Terasakah olehmu isak tangisku yang paling menyayat ketika kau sentuh tangannya? Dan jerit batinku yang luka menganga ketika dihadapanku kau membujuk rayunya?
Inilah jurang . Inilah prahara. Inilah petaka.
Entah sehabis ini aku menuju mana.
Setelah laut yang teduh kau janjikan mendeburkan badai.
Sungai yang tenang kau tawarkan menghanyutkan bangkai bangkai binatang.
Langit yang biru kau mimpikan penuh dengan kaok gagak pemangsa tubuhku.
Hendak kemanakah aku?
Berlayarkah aku menuju pulau sunyi ,sendiri membawa batu batu dibahuku?
Atau kurasa lebih baik aku tenggelam disini , di danau buaya yang amis dan berular naga.
Duhai kekasihku, untuk sekali ini saja.
Dapatkah kau bayangkan betapa merah marun itu menjadi ungu tua. Penuh bercak darah.
Oleh sembelihmu aku akan mati perlahan lahan. Meneteskan tak saja airmata duka, tapi lelehan air kematian yang sayup akan memenuhi peta perjalananku.
Entah akan kulanjutkan atau tidak hidup ini. Karena jantungku telah tak berdetak lagi.
Nadiku beku. Ruhku pergi.
Dan malam bertambah senyap. Gerimis merinai .
Dingin menghebat.
Yang terdengar hanyalah suara jengkerik dan lagu kematian melengking lengking dari kamarku yang semakin pengab menguburku dalam asap.

No comments: